Gagal Mengoptimasi Website Anda? Ini Dia Penyebabnya

Mengoptimasi Website

Optimasi website penting dilakukan utamanya website yang dipergunakan untuk tujuan bisnis. Optimasi yang dilakukan bakal membuat website mudah diindex oleh mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, MSN, atau lainnya). Alhasil, website bisa berada di posisi teratas pada hasil halaman pencarian. Kalau sudah demikian, peluang mendapatkan pengunjung banyak bakal lebih besar karena sejatinya orang sudah malas untuk mengakses website berada di bagian bawah bahkan lewat dari halaman satu. Namun, tak mudah untuk mengoptimasi website sehingga berada di halaman pertama mesin pecari. Tak sedikit yang gagal mengoptimasi website. Anda salah satunya? Ini dia penyebabnya:

Backlink tidak relevan

Mengunjungi situs orang lain dengan harapan untuk menambahkan backlink dalam komentar positif yang Anda diberikan, memang penting dilakukan. Semakin banyak backlink, kunjungan ke website Anda makin membludak sehingga akhirnya dapat meningkatkan PR website. Dengan catatan, backlink yang Anda tanamkan pada situs lain harus relevan dengan website Anda. Salah satunya seperti menanamkan backlink pada website keuangan karena website Anda membahas tentang investasi, asuransi, atau tabungan. Kalau tidak, usaha Anda dengan harapan website akan sangat SEO-friendly (disukai oleh mesi pencari) gagal total.

Konten yang kurang maksimal

Konten, aspek penting dari sebuah website. Konten dapat menjadi penentu betah tidaknya pengunjung internet berada dalam website Anda sekaligus cepat tidaknya diindeks oleh mesin pencari. Kalau website Anda memenuhi kriteria berikut: aksesnya lambat, tidak punya sitemap, dan artikel di bagian blog duplikat. Jelas, website tidak akan SEO-friendly. Sekedar saran, minimalisir penggunaan gambar/video agar website, gunakan jasa pembuatan website profesional untuk memaksimalkan sitemap website, serta gunakan jasa penulis lepas jika tidak tahu merangkai kata-kata menjadi sebuah artikel yang menarik tapi tidak duplikat.

Link ke authority site yang lemah PR

Untuk mendongkrak posisi website di mesin pencari, Anda harus punya link ke authority site. Penting diingat, link yang ditanamkan pada website Anda harus punya PR yang tinggi. Kalau tidak, website Anda akan berbagi power dengan site tersebut dan sulit ditemukan oleh mesin pencari. Jadi bisa disimpulkan bahwa kuantitas link ke authority site tidak penting. Jauh lebih penting adalah kualitas dari link authority site tersebut. Berikut kriteria authority site dengan PR tinggi: banyak pengunjungnya, kontennya menarik, sitemapnya mudah dimengerti, loading cepat, dan lainnya. Untuk lebih meyakinkan, silakan cek PR authority site di sini.

Kegagalan optimasi website yang Anda lakukan bisa jadi karena teknik SEO yang digunakan sudah basi. Ingat, dari waktu ke waktu algoritma mesin pencari akan selalu mengalami perubahan. Seperti halnya, Google sebagai salah satu mesin pencari terbesar dan paling banyak diakses telah meluncurkan algoritma terbaru yakni Mobile Geddon. Pada algoritma ini, website yang tidak mobile friendly atau tidak responsive desain bakal dihapus. Oleh karenanya, Anda harus terus update informasi sekaligus teknik SEO yang baru. Sebab, teknik SEO yang sudah lama bakal membuat website tidak SEO-friendly sehingga keberadaannya sangat menghawatirkan di mesin pencari bahkan bisa dihapus pada hasil pencarian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *